Sunday 17 March 2013

Jangan Khawatir Tentang Kista

Pengertian Penyakit Kista

Kista adalah tumor jinak di yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya.

Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah sebabnya tumor jinak relatif mudah diangkat dengan jalan pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya.

Berdasarkan tingkat keganasannya, kista terbagi dua, yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan. Sementara kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya.

Penyebab Penyakit Kista

Penyakit kista merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi karena faktor keturunan. Namun tidak menutup kemungkinan penyakit kista ini dapat tumbuh dan berkembang pada rahim disebabkan kondisi lingkungan yang sudah tidak sehat akibat kontaminasi polusi maupun dari pola hidup yang tidak sehat.

Faktor yang mengakibatkan kista adalah gaya hidup tidak sehat, meliputi konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kurang serat, zat tambahan dalam makanan, kurang berolahraga, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, terpapar polusi dan agen infeksius, stres, dan faktor genetik. Kemudian tanda dan gejalanya, umumnya sangat bervariasi dan tidak spesifik.

gejala penyakit kista

 



Ciri - ciri dan Gejala Penyakit Kista


Gejala berikut dapat muncul:
  • Kembung, nyeri atau bengkak di perut.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Nyeri di panggul segera sebelum atau setelah awal periode menstruasi
  • Rasa sakit selama hubungan seksual.
  • Nyeri menstruasi melebihi biasanya.
  • Mual atau muntah.
  • Kehilangan nafsu makan, merasa kenyang setelah makan sangat sedikit.
  • Rasa sakit tumpul terus-menerus pada salah satu atau kedua sisi panggul.
  • Haid tidak teratur.
  • Penambahan rambut wajah.

Kista Coklat

Kista coklat atau yang biasa dikenal dengan kista endometriosis merupakan kista yang tumbuh pada permukaan ovarium. Kista coklat ini menyerang bagian dalam ovarium dan membentuk kantung yang bersi darah. Kista ini  disebut sebagai kista coklat karena terdapat penumpukan darah berwarna merah kecoklatan hingga gelap. Ukuran kista coklat sebesar kacang dan bisa tumbuh lebih besar dari buah anggur.

Penyebab Kista Coklat

Sampai saat ini, penyakit kista coklat belum diketahui penyebabnya, namun banyak para ahli yang menyatakan bahwa penyakit kista coklat ini diakibatkan dari proses peradangan atau inflamasi. Selain itu, dapat juga disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormon. Kista coklat dapat mengiritasi jaringan disekitarnya dan dapat menyebabkan perlekatan (adhesi) akibat jaringan parut yang ditimbulkannya.

Namun Anda tidak usah khawatir. Sekarang sudah ada cara mengobati kista tanpa operasi dan aman karena berasal dari herbal dan direkomendasikan oleh pakar kesehatan reproduksi Boyke Dian Nugraha yaitu LADYFEM. Selengkapnya bisa Anda baca di Obat Kista yang Ampuh

No comments:

Post a Comment